Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di Swalayan Aman dan Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan

Harahap, Andi Ramadan (2016) Analisis perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di Swalayan Aman dan Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pasar merupakan mata rantai yang menghubungkan antara produsen dan konsumen.Di dalam pasar terjadi pertemuan antara penjual dan pembeli, antara dunia usaha dan masyarakat.Pasar memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian moderen hal ini terjadi karena harga-harga terbentuk di pasar melalui mekanisme pasar.Pada dasarnya masyarakat mengenal dua jenis pasar yaitu pasar tradisional dan pasar moderen. Pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaannya bersifat tradisional, penjual dan pembeli bertemu dan terjadinya kesepakatan harga melalui proses tawar-menawar harga.Swalayan adalah pasar moderen tempat penjualan barang-barang eceran yang berskala besar dengan pelayanan yang bersifat self service kepemilikannya bisa dimiliki oleh satu orang atau lebih. Pasar tradisional banyak dijumpai di Kota Padangsidimpuan salah satunya adalah pasar Sangkumpal Bonang. Pasar ini terletak di pusat kota Padangsidimpuan, sehingga memudahkan pembeli untuk mencapai lokasi pasar transaksi di pasar ini terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Beberapa tahun ini Padangsidimpuan mengalami perkembangan di berbagai hal salah satu diantaranya adalah perkembangan beberapa pasar moderen antara lain Aman Swalayan,hanya memiliki jarak 500 meter dari pasar Sangkumpal Bonang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan konsumen, penentuan perilaku konsumen,proses keputusan pembeli, keputusan pembelian konsumen, kepuasan pelanggan, harga, lokasi, dan produk. Dalam penulisan skripsi ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatifyaitu menggambarkan dan mengintrepretasikan objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan hasil penelitian. Adapun isntrumen pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh chi kuadrat hitung 26,913 > dari chi kuadrat tabel 5,591. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa keputusan konsumen di Aman Swalayan berbeda terhadap ketiga variabel bebas yaitu harga, lokasi dan produk. Adapun variabel lokasi berpengaruh besar terhadap keputusan konsumen sebesar 2,23 dan variabel harga berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen sebesar 1,55. Sedangkan chi kuadrat hitung 133,988> dari chi kuadrat tabel 5,591. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa keputusan konsumen di pasar Sagkumpal Bonang berbeda terhadap ketiga variabel bebas yaitu harga, lokasi dan produk.Adapun variabel lokasi berpengaruh besar terhadap keputusan konsumen sebesar 2,74 dan variabel produk berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen sebesar 1,04.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Delima Sari Lubis, MA
Keywords: Keputusan Konsumen; Swalayan; Pasar
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Apr 2020 05:14
Last Modified: 13 Jul 2020 08:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item