Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial di kelas VII SMP N 10 Padangsidimpuan.

Fathi, Nurul (2019) Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial di kelas VII SMP N 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Masalah siswa dalam mempelajari matematika dalam materi aritmatika sosial nilai siswa masih rendah sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Nilai siswa masih dibawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial di kelas VII SMP N 10 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes untuk mengetahui hasil belajar matematika materi aritmatika sosial untuk melihat hasil belajar Matematika siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan analisis data pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment, yang kemudian dilanjutkan dengan regresi linear sederhana dengan taraf signifikan 2,5% dan N = 27, diperoleh rxy = 0,424, kemudian melalui uji signifikasi dengan rumus uji t diperolah bahwa thitung >ttabel yakni 2,582 > 2,060. Kontribusi variabel X (pendekatan pembelajaran berbasis masalah) terhadap Y (hasil belajar Matematika materi aritmatika sosial) sebesar 17,977%, dan dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika aritmatika sosial Kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar Matematika; Aritmatika Sosial.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:14
Last Modified: 25 Jun 2020 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item