Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk yakult (studi kasus masyarakat kelurahan Bincar Padangsidimpuan Utara)

Nasution, Zahratul Ainy (2018) Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk yakult (studi kasus masyarakat kelurahan Bincar Padangsidimpuan Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Kelurahan Bincar menyadari bahwa kesehatan tubuh sangat perlu untuk dijaga, salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman probiotik, dan dari sekian banyak minuman prebiotik yang di pasarkan, masyarakat lebih banyak mengonsumsi dan melakukan pembelian produk Yakult. Namun dalam menentukan keputusan konsumen masyarakat Kelurahan Bincar membeli suatu produk dari segi kualitas produk dan Brand Image. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan brand image secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Yakult? Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand image secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Yakult. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli Yakult. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 66 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi adjusted (R square),uji parsial (uji t)dan uji simultan (uji F), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian secara R squarese besar 0,389 atau 38,9%. %. Hal ini menjelaskan bahwa variable kualitas produk dan brand image memberikan pengaruh sebesar 38,9% terhadap terhadap keputusan konsumen dalam membeli Yakult sedangkan sisanya 61,1% % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial (uji t) adalah tidak terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu 0,360 < 1,669, dan signifikasi 0,720 > 0,1. Terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 5,178 > 1,699, dan signifikasi 0,000 < 0,1. Secara simultan terdapat pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli Yakult, yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 20,057 > 2,39 maka antar variabel sehingga hipotesis diterima dengan taraf signifikan < 0,1 (0,000 < 0,1)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitasproduk; Brand image; Keputusan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 19 Jun 2020 09:56
Last Modified: 19 Jun 2020 09:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item