Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan minyak kayu putih cap lang (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)

Harahap, Lusi Pangesti (2018) Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan minyak kayu putih cap lang (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang menggunakan produk minyak kayu putih Cap Lang saat berada diwilayah kampus IAIN Padangsidimpuan, padahal masih terdapat produk sejenis yang mempunyai kualitas yang bagus disertai dengan merek yang cukup terkenal dengan harga yang sesuai. Bahkan masih terdapat produk sejenis yang mempunyai harga lebih murah, namun mereka tetap memilih minyak kayu putih Cap Lang. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ekonomi Syariah yaitu Manajemen Bisnis. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan, citra merek, harga dan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 94 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,601 artinya korelasi antara variabel citra merek, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R square sebesar 34% menunjukkan variabel citra merek, harga dan kualitas produk, mempengaruhi loyalitas pelanggan dan sisanya 66% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain di luar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh negatif citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai -thitung < -ttabel (-2,060 < -1,66196). Variabel harga mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (1,740 > 1,66196). Variabel kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (4,678 > 1,66196). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa citra merek, harga dan kualitas produk, mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (16,940 > 2,15).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Citra merek; Harga; Kualitas produk; Loyalitas pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Jun 2020 05:23
Last Modified: 22 Jun 2020 05:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item