Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah Mandailing Natal

Hasibuan, Abu Ammaru Amini (2019) Analisis kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketidakpuasan yang dialami oleh para pengguna perpustkaan diantaranya tidak tercukupnya sumber belajar ketika dibutuhkan dalam pembuatan makalah dan penyusunan skripsi, karena masih kurangnya referensi di perpustakaan sehingga mahasiswa/pelajar kadang masih merasa kewalahan dalam mencari referensu khususnya bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian skripsi. Juga masih kurangnya kecermatan pegawai mengamati masyarakat yang melakukan peminjaman dan pengembalian buku dengan menggunakan kartu perpustakaan orang lain. Kualitas pelayanan diartikan sebagai melakukan sesuatu kepada orang lain agar dapat memenuhi kepuasan pengunjung, pada umumnya mencerminkan produk bersifat tidak berwujud, sedangkan perpustakaan ialah tempat penyimpanan dan pencarian suatu informasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkam data yang dibutuhkan dilakukan dengan instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner, dengan jumlah sampel 96 responden yang diambil dari populasi 2.137 responden. Anaalisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode IPA ( Informance Performance Analysis) yang menjelaskan sejauh mana tingkat kesesuaian anatara kepentingan ataupun aharapan dwengan kinerja Perpustakaan Daerah Mandailing Natal yang didapatkan oleh pengunjung, untuk pengukur kepuasan dilakukan melalui lima dimensi: tangibles (bukti fisik), reaalibility (keandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), sedangkan untuk menganalisisnya menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Perpustakaan Daerah Mandailing Natal terhadap atribut kualitas pelayanan secara umum harus memenuhi priorotas utama. Hal ini didasarkan pada hasil dari Importance Performance Analysis (IPA) yang menunjukkan bahwa terdapat 10 atribut yang berada pada kuadran A (prioritas utama), diantara kuadran, kuadran A merupakan kuadran paling banyak atribut didalamnya terdapat 10 atribut dimana nantinya atribut yang berada pada kuadran ini merupakan atribut yang memiliki kinerja yang sangat penting oleh pemustaka namun kinerja masih kurang sehingga pada kuadran ini di sebut kuadran prioritas utama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pelayanan Perpustakaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:34
Last Modified: 22 Jun 2020 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item View Item