Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Learning Trajectory pokok pada bahasan pecahan sederhana dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan

Safitri, Indah (2018) Pengembangan Learning Trajectory pokok pada bahasan pecahan sederhana dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpahaman siswa terhadap konsep pecahan sederhana, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran pada materi pecahan sederhana dan kemampuan siswa untuk mengingat materi dalam jangka panjang. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas learning trajectory pada pokok bahasan pecahan sederhana dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan praktikalitas learning trajectory pada pokok bahasan pecahan sederhana dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian desaign research menggunakan tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerjasama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Padangsidimpuan dengan subjek ujicoba 37 orang siswa kelas III-A. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual dikatakan valid dan praktis. Kevalidan learning trajectory ditunjukkan dengan nilai 80 dari analisis oleh 3 validator. Kepraktisan learning trajectory ditunjukkan dengan terlaksananya seluruh komponen pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran dan angket respon siswa dengan nilai 83.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Learning trajectory; Pendekatan kontekstual; Pecahan sederhana
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:59
Last Modified: 19 Jun 2020 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item