Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berbelanja di Rahmat Syariah Swalayan di City Walk Kota Padangsidimpuan

Nengsi, Nengsi (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berbelanja di Rahmat Syariah Swalayan di City Walk Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0242.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Konsumen Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan adalah konsumen yang bermacam-macam asal, suku, adat serta pengalaman dan pengetahuan yangn berbesa-beda. Rahmat Syariah Swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Padangsidimpuan, dengan berbagai macam keunggulan yang ditunjukkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di Rahmat Syariah Swalayan antara lain adalah harga, etika bisnis syariah, dan lokasi. Dengan demikian penulis bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga, etika bisnis syariah, dan lokasi terhadap minat masyarakat berbelanja di Rahmat Syariah Swalayan di City Walk Kota Padangsidimpuan. Pembahas penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Bisnis Syariah, maka sehubungan dengan itu berkaitan pula dengan dengan Ekonomi Syariah yang juga membahas mengenai hal tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rahmat Syariah Swalayan yang datang berbelanja di swalayan tersebut. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 50 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari Rahmat Syariah Swalayan, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dengan taraf signifikan 5%, maka hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) faktor harga mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen dimana t hitung > t tabel (4,449 > 1,678). (2) faktor etika bisnis syariah mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen dimana t hitung > t tabel (3,297 > 1,678). (3) dan faktor lokasi berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen dimana t hitung < t tabel (-2,041< 1,678). Namun, secara simultan yaitu faktor harga, etika bisnis syariah dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan taraf 5% diperoleh (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Nofinawati, MA
Keywords: Minat Berbelanja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Apr 2020 05:16
Last Modified: 13 Jul 2020 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item