Rambe, Nurul Insan (2018) Pengaruh kemudahan, kebermanfaatan dan harga terhadap keputusan belanja online (studi kasus pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00121.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dalam gaya hidup mahasiswa. Penggunaan internet sebagai salah satu akses informasi dalam melancarkan berbagai aktivitas mahasiswa. Beragam fasilitas yang disajikan oleh internet memberikan warna baru dalam segi belanja. Berbagai macam keputusan mengenai aktivitas kehidupan dilakukan setiap hari oleh setiap konsumen tanpa menyadari bahwa mereka telah mengambil keputusan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam pengambilan keputusan mahasiswa. Menurut sebuah teori kemudahan menggunakan teknologi adalah tersedianya mekanisme pendukung yang yang handal. Kebermanfaatan sebagai probabilitas subjektif dari pengguna potensial yang menggunakan suatu aplikasi tertentu untuk mempermudah kinerja atas pekerjaanya. Harga adalah atribut produk atau jasa yang paling sering digunakan oleh sebagian besar konsumen untuk mengevaluasi produk. Ketiga teori ini yang berkaitan dalam pengambilan keputusan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 100 responden dari seluruh angkatan 2015 dan 2016 yang berjumlah 1092 mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f ) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel Kemudahan berpengaruh terhadap keputusan Belanja Online, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,690 > 1,660), maka Ha diterima, pada variabel Kebermanfaatan berpengaruh terhadap Keputusan belanja online dengan nilai thitung > ttabel (3,714 > 1,660) dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan belanja online dengan nilai thitung > ttabel (2,040 > 1,660), maka Ha diterima. Kemudian variabel kemudahan, kebermanfaatan dan harga secara simultan terhadap keputusan belanja online dengan nilai Fhitung > Ftabel (21,934 > 2,36), maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemudahan; Kebermanfaatan; Harga terhadap keputusan belanja online |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 18:54 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 18:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2379 |
Actions (login required)
View Item |