Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Identifikasi kesalahan siswa dalam menjawab soal pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Agustina, Leli (2019) Identifikasi kesalahan siswa dalam menjawab soal pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa sering mengalami kesalahan dalam menjawab soal Matematika materi persamaan garis lurus dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pembelajaran Matematika khususnya pokok bahasan persamaan garis lurus masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar Matematika siswa, dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum mencapai standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam menjawab soal bembelajaran Matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu, dan untuk mengetahui apa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal pembelajaran Matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siabu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu yang berjumlah 21 siswa diantaranya 12 siswa dan 9 siswi. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes, wawanacara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan masih rendah karena masih ada beberapa siswa yang memang tidak mampu menyelesaikan soal dan dari hasil tes yang diberikan siswa melakukan kesalahan ketika menjawab soal, dan masih terdapat nilai siswa yang tidak mencapai standar kriteria ketuntasan minimal. Adapun jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soalsoal pokok persamaan garis lurus adalah siswa tidak ingat defenisi persamaan garis lurus dan persamaan umumnya, siswa salah dalam melakukan operasi hitung, siswa tidak mampu menentukan nilai variable x dan y dari persamaan yang ditentukan sehingga pada penyelesaiannya siswa mengerjakan setengah jalan, dan siswa sering melakukan kesalahan dalam memilih jalan penyelesaian soal yang mengarahkannya pada jalan buntu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesalahan siswa dalam menjawab soal; pembelajaran matematika; persamaan garis lurus
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 13:03
Last Modified: 16 Jun 2020 13:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item