Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTsN Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Hutabarat, Arnita Liani (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTsN Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori yang menyatakan rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah faktor guru. Seorang guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif dan dinamis melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah model pembeljaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Ciri khas TGT adalah siswa belajar dalam kelompok kecil, melakukan games dan turnamen akademik setelah diskusi kelompok. Dalam proses turnamen semua siswa terlibat aktif. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang dikelas VIII MTsN Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis desain eksperimen randomized control group design with pretest and postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTsN Batangtoru dan sampelnya kelas VIII 5 dan VIII 6 dengan menggunakan teknik purposive sampling yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Kemudian instrumen pengumpulan data adalah test yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah rumus statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji normalitas dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 77,8 sedangkan kelas eksperimen adalah 82,4 yang menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana rata-rata postest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata postest kelas kontrol. Begitu juga dengan hasil tes-t diperoleh thitung > ttabel = 37,177 > 2,03452 dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan dk = (N-1) = 33. Maka, ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang dikelas VIII MTsN Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT); hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 12:49
Last Modified: 16 Jun 2020 12:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item