Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian so klin liquid (studi kasus ibu rumah tangga desa Manunggang Jae)

Lubis, Nurhaida (2018) Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian so klin liquid (studi kasus ibu rumah tangga desa Manunggang Jae). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahandalampenelitianinidilatarbelakangioleh semakinbanyaknyaibu-ibu rumah tangga yang menggunakanprodukdeterjen So Klin Liquid yang merupakan salah satu merek deterjen cair yang merupakaninovasiterbaru yang munculpadatahun 2012, yang mengakomodasiseleramasyarakat yang mulaiberalihke detergent cair. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung akan lebih mudah diterima konsumen, dan cukup terkenal dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh citra merek dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian So Klin Liquid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian So Klin Liquid. Pembahasandalampenelitianiniberkaitandenganbidangilmupemasaran.Seh ubungandenganitu, pendekatan yang dilakukanadalahteori-teori yang berkaitandengankeputusan pembelian, harga dan citra merek. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif.Sampel yang digunakandalampenelitianinisebanyak69 responden.Teknikpengambilansampelmenggunakansimple random sampling, sumber data yaitu data primer dan skunder,danpengumpulan data yang digunakanadalahteknikangket (kuesioner) danwawancara.AnalisisdenganmenggunakanstatisticyaituSPSS versi23.Alatanalisis data yang digunakanadalahujivaliditasdanreliabilitas, ujinormalitas,ujilinearitas, uji multikoleneritas, uji heterokedastisitas,ujikoefisiendeterminasi (R square), analisis regresi berganda, uji-t dan uji signifikan simultan (F). Hasil penelitian diperoleh Nilai Rsquaresebesar0,309atau30,9% menunjukkan citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 30,9%, dansisanya69,1% dipengaruhiolehfaktor-faktor lain diluarpenelitian yang dilakukanolehpeneliti. Untuk variabel citra merek terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel(3,388> 1,668.). Untuk variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung>ttabel(2,993 > 1,668.).Berdasarkanhasilujisecarasimultan diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (14,72>2,38), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh citra merek dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian So Klin Liquid dikalangan ibu rumah tangga desa Manunggang Jae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Citra merek; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:03
Last Modified: 17 Jun 2020 18:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item