Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur

Harahap, Meli Sartika (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian siswa SMP Negeri 1 Angkola Timur masih memiliki hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang rendah. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaiat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur”. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 AngkolaTimur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan kelas VII2 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Kelas VII1 sebagai kelas eksprimen dengan menggunakan metode Jigsaw dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,8048 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrument ini layak digunakan metode statistik uji”t”(uji beda). Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thutung>ttabel yaitu 3.80> 1.986 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan pos-test kelas eksprimen yang menggunakan metode Jigsaw (nilai rata-rata 73,23) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah (nilai rata-rata 68.21). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah SWT kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar; Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 07 Apr 2020 10:38
Last Modified: 09 Apr 2020 13:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item