Simamora, Arika Yanti (2019) Analisis kemampuan koneksi matematika siswa pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 0034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah pemahaman bahwasanya topik-topik dalam matematika tidaklah berdiri sendiri, melainkan antar satu dengan yang lainnya saling terkait sehingga pentingnya kemampuan koneksi matematis untuk dikuasai oleh semua siswa guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Dengan menguasai koneksi matematis, siswa akan mengetahui bahwasanya antar ide dalam matematika itu saling terkait, ide ide matematika juga diterapkan dalam mata pelajaran lain dan pada kegiatan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan, Bagaimana hasil analisis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dalam mengerjakan tes untuk masing-masing indikator, dan bagaimana kendala yang dihadapi siswa dalam mengkoneksikan keterkaitan antar konsep dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa dalam mengerjakan soal operasi aljabar di kelas VIII-5 SMP N 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 21 orang SMP N 9 Padangsidimpuan dimana penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purpossive sampling), kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar dapat mengkoneksikan ide-ide dalam materi tersebut dengan ide-ide pada materi lain dalam matemtika, dapat mengkoneksikan pada mata pelajaran lain, sekaligus dapat mengkoneksikan kejadian pada kehidupan sehari-hari kedalam model matematika. (2) siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar hanya dapat memanfaatkan gagasan-gagasan yang ada pada soal untuk mengerjakan soal tetapi siswa tidak dapat mengenali dan menggunakan hubungan antar ide-ide dalam matematika dengan konsep diluar matematika dan siswa tidak dapat mengkoneksikan antar kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari yang terkait dengan operasi aljabar. (3) siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal operasi aljabar tidak dapat mengkoneksikan ide-ide dalam matematika, tidak dapat mengkoneksikan pada mata pelajaran lain, dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian pada kehidupan sehari-hari kedalam model matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis; Operasi Aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 08:59 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 08:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2322 |
Actions (login required)
View Item |