Siregar, Azrul Aziz (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel CV. Parsariran Motor. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440200143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini juga dapat dirasakan oleh para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan mobil seperti bengkel CV. Parsariran Motor. Bengkel CV. Parsariran Motor harus bisa mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelayanan yang baik dan harga yang sebanding dengan pelayanan belum bisa di berikan oleh bengkel CV. Parsariran Motor. Bengkel CV. Parsariran Motor harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel CV. Parsariran Motor secara parsial dan simultan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer dan data sekunder dengan sampel sebanyak 69 responden serta teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara, survei, angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil penelitian secara parsial (uji t) adalah ada pengaruh antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dibuktikan dengan -thitung -5,362 < -ttabel -1,668 atau thitung 5,362 < ttabel 1,668, maka Ha1 diterima. Ada pengaruh antara harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dibuktikan dengan -thitung -2,688 < -ttabel -1,668 atau thitung -2,688 < -ttabel 1,668 maka Ha2 diterima. Sedangkan secara simultan (uji F), ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara bersama-sama/simultan yang dibuktikan dengan Fhitung 78,269 > Ftabel 2,37 maka Ha diterima. Adjust R Square dalam penelitian ini sebesar 0,694 atau 69,4% yang berarti kualitas pelayanan dan harga mampu menjelaskan variabel dependen atau kepuasan pelanggan sebesar 69,4% dan sisanya 30,6% dijelaskan oleh variabel- variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Harga; Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 10:02 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 13:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/232 |
Actions (login required)
View Item |