Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan problem posing pada materi bangun datar di kelas V-A SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan

Harahap, Yuni Harni (2018) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan problem posing pada materi bangun datar di kelas V-A SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematika, dan tentunya berdampak pada hasil belajar siswa, khususnya bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-A SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas V-A SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, peneliti menggunakan sebuah pendekatan yaitu pendekatan Problem Posing. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus diisi dengan dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dengan instrumen berbentuk essay dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan pendekatan problem Posing di SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan, telah meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 63,48 dengan persentase ketuntasan 39,14%. Pada pertemuan ke-2, nilai rata-rata siswa 67,61 dengan persentase ketuntasan 56,52%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan juga terjadi yaitu ada pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa mencapai 69,21 dengan persentase ketuntasan 65,21% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi hingga 82,17 dengan persentase ketuntasan 78,26%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai pada siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Problem Posing pada pokok bahasan bangun datar kelas V-A SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan problem posing; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 Jun 2020 06:15
Last Modified: 14 Jun 2020 06:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2294

Actions (login required)

View Item View Item