Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 2 Padangsidimpuan

Savitri, Nopi (2018) Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam macam oleh Allah SWT. Setiap siswa memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, sehingga hasil belajar setiap siswa beragam tergantung kepada kecerdasan mana yang menonjol pada setiap siswa tersebut. Adapun Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan matematika, Dalam hal ini peneliti menggunakan teori Howard Gardner yang mengemukakan bahwa dalam diri manusia itu terdapat delapan jenis kecerdasan dan salah satunya adalah kecerdasan Logis-Matematis. Kecerdasan Logis-matematis ini berkaitan dengan berfikir secara aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berfikir sehingga kecerdasan Logis-matematis ini memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Fakto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MtsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 211 siswa sedangkan sampelnya seluruh siswa yang mengikuti tes kecerdasan Logis-matematis yaitu berjumlah 211 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan Teknik analisisa data yaitu Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan logis-matematika dengan Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimmpuan yang dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar 17,137 lebih besar dari t tabel sebesar 1,98 yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan Logis-matematis tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan Logis –matematis rendah. sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara variabel kecerdasan Logis-Matematis dengan hasil belajar matematika dimana siswa yang memiliki kecerdasan Logis-matematis tinggi maka hasil belajarnya tinggi dan begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kecerdasan logis-matematis; hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 Jun 2020 05:43
Last Modified: 14 Jun 2020 05:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item