Abdullah, Bakti (2019) Penegembangan lintasan belajar pokok bahasan garis singgung lingkaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang paham terhadap konsep garis singgung lingkaran, guru belum memberikan aktivitas yang mendukung siswa dalam memahami konsep garis singgung lingkaran. Selain itu, buku yang dipakai menggunakan bahasa yang abstrak dan jarang dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga perlu dilakukan pengembangan cara belajar dengan memanfaatkan aktivitas yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa, walaupun pada dasarnya siswa sudah paham tapi masih ada kemungkinan dimaksimalkan. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui validitas lintasan belajar menggunakan pendekatan matematika realistik pokok bahasan garis singgung lingkaran. 2) Mengetahui praktikalitas lintasan belajar menggunakan pendekatan matematika realistik pokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Design Research dengan tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti, para ahli dan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan matematika realistik dikatakan valid dan praktis. 1) Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan rata-rata nilai 75% dari analisis 4 validator, 2 validator berasal dari dosen tadris matematika IAIN Padangsidimpuan dan 2 validator lainnya berasal dari guru matematika SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. 2) Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 79% dari angket respon siswa dan hasil wawancara dengan siswa dengan kriteria rata-rata baik/praktis , terlaksananya seluruh komponen pendekatan matematika realistik pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi garis singgung lingkaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | lintasan belajar; pendekatan matematika realistik; garis singgung lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 13 Jun 2020 12:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2020 12:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2283 |
Actions (login required)
View Item |