Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII MTS YPKS Padangsidimpuan

Rambe, Elisa Handayani (2018) Pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII MTS YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan yang dilatarbelakangi oleh adanya faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa, dimana kecerdasan emosional siswa rendah dan siswa tidak dapat memahami serta memberdayakan gaya belajar yang dimilikinya sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan gaya belajar sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 125 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang. Teknik pengumpuln data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Pengujian uji t diperoleh uji regresi sederhana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar thitung > ttabel (3,218 > 1,993) dan signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan persentase sumbangan 12,4% dan uji regresi sederhana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar thitung > ttabel (3,632 >1,993) dan signifikan < 0,05 (0,001 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan persentase sumbangan 15,3%. Pengujian uji F diperoleh uji regresi berganda pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap hasil belajar yang menunjukkan Fhitung > Ftabel (7,889 > 3,124) dan signifikansi < 0,05 (0,001< 0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan dengan persentase sumbangan 18,0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan emosional; Gaya belajar; Hasil belajar matematika; Aritmatika sosial
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 12 Jun 2020 13:31
Last Modified: 12 Jun 2020 13:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item