Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar pecahan dengan menerapkan media manipulatif melalui teknik permainan roda desimal pada siswa kelas V-A SD Negeri 101110 Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Evi Yanti (2018) Peningkatan hasil belajar pecahan dengan menerapkan media manipulatif melalui teknik permainan roda desimal pada siswa kelas V-A SD Negeri 101110 Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 102 00009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru kurang bervariasi. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menerapkan media manipulatif melalui teknik permainan roda desimal siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media manipulatif melalui teknik permainan roda desimal dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok pecahan di kelas V-A SD Negeri 101110 Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101110 Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara dengan subjek penelitian yaitu kelas V-A yang berjumlah 33 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat. Hasil observasi pada Siklus I pertemuan ke-1 diperoleh 45,45% dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 64,03 dengan persentase ketuntasan 42,42%. Pada pertemuan ke-2, hasil observasi diperoleh 54,55% dan hasil tes diperoleh nilai ratarata 73,18 dengan persentase ketuntasan 60,61%. Pada Siklus II pertemuan ke-1 hasil observasi diperoleh 72,73% dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 82,76 dengan persentase ketuntasan 72,73% menunjukkan hasil belajar siswa baik, pada pertemuan ke-2, hasil observasi diperoleh 78,79% dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 87,82 meningkat dengan persentase ketuntasan 81,82% menunjukkan hasil belajar siswa sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media manipulatif; Roda desimal; Hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:26
Last Modified: 16 Jun 2020 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item