Sari, Ade Surya (2018) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan persamaan eksponen di kelas X-1 Di Darul Ulum Muaramais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran teams games tournament yang mengaharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Eksponen dikelas X-1 Darul Ulum Muaramais. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi persamaan eksponen dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di kelas X-1 Darul Ulum Muaramais. Melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi persamaan eksponen. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas X-1 Darul Ulum Muaramais tahun ajaran 2018/2019 yang terdiridari 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok persamaan eksponen di kelas X-1 Darul Ulum Muaramais. Hal ini dibuktikan dengan siklus peningkatan kemampuan belajar pada keseluruhan hasil belajar. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan I dari 28,57% meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 39,28% dan pada siklus II pertemuan I dari 53,57% meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 85,71%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa di kelas X-1 Darul Ulum Muaramais yang dicapai melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 85,71%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Teams Games Tournament (TGT); Persamaan eksponen |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:45 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2269 |
Actions (login required)
View Item |