Harahap, Rahmi (2018) Upaya guru mengembangkan kemampuan matematik dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di SDN 101630 Portibi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini yang permasalahannya tentang kemampuan matematika yang mana pada kenyataannya masih bayak kemampuan peserta didik yang kurang memadai seperti dalam pemecahan masalah yang bentuk penyelesian soal matematika. Sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami matematika konsep penyelesaian masala. Maka dari itu, diharapkan para guru memiliki upaya-upaya dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang terdapat dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan Matematika peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika, bagaimana gambaran kesulitan belajar Matematika peserta didik pada SD Negeri 101630 Portibi, apa penyebab kesulitan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjawab rumusan masalah di atas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif jenis Grounded Theory. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi serta tes. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis yang ditemukan di lapangan. Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan Matematika antara lain adalah dengan membuat persiapan perangkat pembelajaran yang maksimal, guru mengusahakan menekankan pada konsep-konsep Matematika, menerapkan beberapa model pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar, menggunakan alat peraga dalam mendukung proses pembelajaran yang berlangsung. Gambaran kesulitan belajar Matematika di SDN 101630 Portibi Kelas IV dan V terdapat tingkatan kesulitan belajar matematika berdasarkan nilai rata-rata sebesar 7,7 yang berarti dalam kategori sedang, maka memiliki kesulitan yang rendah. Hal ini karena guru menggunakan metode yang bervariasi dan media pembelajaran yang mengembangkan kemampuan Matematika. Penyebab dari kesulitan belajar Matematika peserta didik adalah memiliki intelektual yang berbeda, kesulitan dalam perhitungan Matematika, serta penghafalan rumus yang kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode kualitatif; kemampuan matematika; granded theory |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2263 |
Actions (login required)
View Item |