Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan metode accelerated learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur

Nurdelila, Nurdelila (2018) Pengaruh penerapan metode accelerated learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa SMA Negeri 1 Angkola Timur dalam menganalisis materi trigonometri dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak dapat berkembang dengan baik. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi seseorang, dan dapat ditingkatkan dengan Metode Accelerated Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode accelerated learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode Accelerated Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan model pretestposttest control group design dengan satu macam perlakuan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Angkola Timur yang berjumlah 51 siswa dan metode pengambilan sampel dengan totality sampling berjumlah 51 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematika adalah uji-t. Hasil penelitian dari uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode Accelerated Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur dengan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode accelerated learning; kemampuan berpikir kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 04:23
Last Modified: 12 Jun 2020 04:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item