Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah dalam peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan

Halimah, Nur (2019) Penerapan metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah dalam peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah dilatarbelakangi karena kurangnya seperangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran selalu menggunakan metode ceramah dan diskusi. Sumber belajar berupa buku paket bagi setiap siswa tidak mencukupi, terlihat siswa hanya memperoleh satu buku paket untuk satu meja. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Maka dari itu, peneliti memilih metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunkan tes tertulis bentuk uraian dan objektif (benar-salah dan pilihan ganda). Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif dan kuantitatif. Setelah melakukan penerapan metode targhīb wa tarhīb dengan bahan ajar berbasis kisah, hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Data hasil belajar diperoleh secara individu dan klasikal setelah melakukan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi proses pembelajaran sebanyak 3 siklus. Maka hasil belajar diperoleh secara individu 74.28% dan hasil belajar secara klasikal diperoleh untuk siklus I nilai rata-rata 60.28, dengan ketuntasan belajar 25.71% , pada siklus II nilai rata-rata 73.57, dengan ketuntasan belajar 65.71%, pada siklus III nilai rata-rata 87.28, dengan ketuntasan belajar 97.14%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Targhīb Wa Tarhīb Method; Story-Based Learning Materials; Learning Outcomes; Al-Qur'an Hadith
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jun 2020 08:28
Last Modified: 11 Jun 2020 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item