Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan pendekatan kontekstual di MTSN 2 Padangsidimpuan

Khairani, Eva (2018) Pengembangan Learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan pendekatan kontekstual di MTSN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hambatan-hambatan yang dialami siswa kelas VIII-4 di MTsN 2 Padangsidimpuan ketika menyelesaikan soal-soal pada tes awal. Hambatan yang ditemukan antara lain siswa kurang mampu memahami konsep aritmatika sosial dengan baik. Oleh karena itu perlu mengadakan pembaharuan dalam aktivitas belajar siswa terutama pada pokok bahasan aritmatika sosial. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana validitas learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan bagaimana praktikalitas learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Adapun tujuan pengembangan ini adalah mengetahui validitas learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan mengetahui praktikalitas learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar mengajar matematika. Dalam hal ini learning trajectory yang dikembangkan mengacu pada 7 komponen utama pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Sehingga didapatkan learning trajectory yang valid dan praktis digunakan untuk siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Penelitian desain termasuk kedalam penelitian kualitatif. Penelitian desain adalah penelitian yang menempatkan proses perancangan sebagai strategi untuk mengembangkan suatu lintasan belajar. Learning trajectory yang dirancang divalidkan oleh 3 orang validator. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi dari dari 3 validator diperoleh nilai 75,23% dengan kategori valid. Praktikalitas learning trajectory yang diperoleh dari observasi yang dilakukan terhadap aktivitas siswa dari pertemuan yaitu 66,125%, 66,625%, dan 67,375%. Penggunaan waktu yang digunakan sudah cukup serta hasil nilai angket yang diperoleh adalah 88,70% dengan kategori praktis. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan learning trajectory pokok bahasan aritmatika sosial di MTsN 2 padangsidimpuan dengan pendekatan kontekstual valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Learning Trajectory; Kontekstual; Validitas; Praktikalitas
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:07
Last Modified: 12 Jun 2020 12:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item