Harahap, Aidatul Ira (2018) Peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN 100140 Padang Sungsangan Janji Manahan Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa masih rendah. Kebiasaan siswa sehari-hari seperti ketika kegiatan belajar siswa enggan bertanya akan pelajaran yang kurang mengerti dan ketika dihadapkan soal siswa hanya mengerjakan seadanya, kurang melakukan percobaan selain itu ketika guru meminta pendapat siswa masih ada yang kurang berani menanggapi dan mengemukakan pendapat/ usulan terhadap masalah yang terjadi dan dalam pemahaman konsep banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep Matematika. Bahkan mereka kebanyakan tidak mampu mendefenisikan kembali bahan pelajaran Matematika dengan bahasa sendiri serta membedakan antara contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Media Manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 100140 Padang Sungsangan Janji Manahan Kec. Batang Onang Kab. Padang Lawas Utara dan Apakah Media Manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV SD Negeri 100140 Padang Sungsangan Janji Manahan Kec. Batang Onang Kab. Padang Lawas Utara? Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu pertemuan terdiri dari perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan refleksi (reflection). Dalam penelitian ini bertindak sebagai guru untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa maka instrumen yag digunakan yaitu lembar observasi dan Tes. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media manipulatif yang dilakukan dapat memperoleh peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD N 100140 Padang Sungsangan sehingga diperoleh hasil peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa dari siklus I dan II. Adapun hasil aktivitas belajar siswa yang meningkat berdasarkan hasil observasi peneliti siklus I pertemuan ke-1 (28,37%), siklus I pertemuan ke-2 (47,62%), siklus II pertemuan ke-1 (69,62%) dan siklus II pertemuan ke-2 (82,5%) dan hasil persentase pemahaman konsep matematika siswa siklus I pertemuan ke-1 (26%), siklus I pertemuan ke-2 (46%) dan siklus II pertemuan ke-1 (65%) dan siklus II pertemuan ke-2 (80%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar; Pemahaman konsep; Media manipulatif |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 12:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 12:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2221 |
Actions (login required)
View Item |