Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang jasa angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga

Caniago, Marliana (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang jasa angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 102 00077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan, di mana untuk mengadakan aktivitas masyarakat perlu alat transportasi yang menghubungkan suatu daerah dengan daerah yang lain. Salah satu angkutan laut yang banyak digunakan oleh konsumen atau penumpang yaitu ferry. Ferry merupakan sejenis angkutan kapal laut yang dapat digunakan sebagai angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan jalur atau trayek tertentu. Keuntungan yang ditawarkan dengan menggunakan ferry yaitu para penumpang akan menyebrang ke daerah yang dibatasi oleh perairan atau laut. Kapal ferry tidak hanya mengangkut penumpang saja tetapi bisa mengangkut kendaraan motor, mobil, truk dan bus. Untuk membantu masyarakat PT. ASDP Indonesia Ferry Persero telah memiliki cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkualitas pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang jasa angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)Cabang Sibolga. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori bidang ilmu Manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan model analisis regresi sederhana, sampel yang digunakan sebanyak 69 responden dengan menggunakan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan wawancara.Analisis data dengan menggunakan ujivaliditas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji R square dan uji hipotesis (uji t) kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas dengan rtabel sebesar 0,1997 diperoleh 14 item pernyataan yang dinyatakan valid dari kualitas pelayanan dan 12 item pernyataan yang dinyatakan valid dari kepuasan penumpang dan semua item pernyataan reliabel. Hasil uji R sebesar 0,624 artinya kualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepuasan penumpang sebesar 62,4%sedangkan 37,6% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpangjasa angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)Cabang Sibolga dengan nilai thitung >ttabel (10,544 > 1,294)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T.,M.M dan Utari Evy Cahyani, S.P.,M.M
Keywords: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Penumpang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:09
Last Modified: 10 Jul 2020 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item