Wahyuni, Seri (2017) Analisis pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian obat di apotek madina Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
132300086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia yang semakin tinggi membuat pasar menjadi semakin luas dan peluang ada di mana-mana, namun sebaliknya persaingan menjadi semakin ketat dan sulit di prediksikan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah pelayanan yang diberikan Apotek Madina kurang maksimal sehingga keputusan untuk membeli berkurang, maka Apotek Madina harus tanggap dalam melakukan pelayanan terhadap konsumennya. Banyaknya pelanggan membuat karyawan sulit mengatasi pembelian, sehingga pelanggan antri untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan, sedangkan obat yang mau dibeli terkadang merupakan hal yang mendesak. Lokasi Apotek Madina kurang strategis karena parkirannya tidak memadai oleh karena itu diperlukan ruang parkir bagi pembeli karena lokasi berada di pusat kota. Sedangkan Apotek Madina belum menyiapkan lapangan khusus parkir konsumen. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan teori-teori yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan, lokasi dan keputusan pembelian serta bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian obat di Apotek Madina Panyabungan Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah populasi 5852 dan sampel 99 responden. Kemudian pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan proram SPSS versi 22. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, Asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil nilai Adjusted sebesar 0,152 variabel pelayanan dan lokasi mempengaruhi keputusan pembelian di Apotek Madina Panyabungan. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan dan lokasi memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 15,2% dan sisanya 84,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Hasil variabel pelayanan thitung > ttabel yaitu 1,764 > 1,661 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel lokasi thitung > ttabel yaitu 2,210 > 1,661 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variable pelayanan dan lokasi secara simultan fhitung > FTabel yaitu 9,11 > 3,09. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap nilai keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, MA dan Ja’far Nasution, Lc., M.E.I |
Keywords: | Pelayanan; Lokasi; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:26 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 01:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
View Item |