Ananda, Ari (2019) Analisis strategi pemasaran usaha tabo kopi Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440200141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Usaha Tabo Kopi Sipirok adalah UMKM yang memproduksi 3 jenis kopi yaitu kopi premium, kopi jantan, dan kopi luwak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Usaha Kopi Sipirok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pada Usaha Tabo Kopi Sipirok agar masyarakat khususnya bagian Tabagsel mengetahui tentang Usaha Tabo Kopi Sipirok? tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan agar masyarakat khususnya bagian Tabagsel mengetahui tentang Usaha Tabo Kopi Sipirok. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran Usaha Tabo Kopi Sipirok dengan menggunakan analisis SWOT. Perusahaan harus memilih strategi ysang tepat untuk menggambarkan bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, oleh karena itu analisis SWOT merupakan salah satu strategi yang tepat dalam proses pengambilan keputusan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Usaha Tabo Kopi Sipirok menggunakan analisis SWOT dengan strategi SO meningkatkan pengembangan produk agar diminati konsumen, memenuhi permintaan pasar, meningkatkan pelayanan bagi pelanggan yang berkunjung. Strategi WO menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan bagian pemasaran karena melalui promosi akan lebih meningkatkan laba pendapatan. Strategi ST perlunya inovasi untuk pengembangan produk dalam menghadapi pesaing, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Strategi WT mencari kiat-kiat baru dalam mensosialisasikan produk Usaha Tabo Kopi Sipirok, cepat dan tanggap apabila terjadi kesalahan atau kendala di dalam perusahaan, memiliki website untuk melakukan promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Strategi Pemasaran |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 08:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 08:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2180 |
Actions (login required)
View Item |