Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran umum di Pesantren Ma’had AlAlawiyah Desa Hambulo Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Erna Erlinda (2018) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran umum di Pesantren Ma’had AlAlawiyah Desa Hambulo Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran umum di pesantren Ma’had Al-Alawiyah. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan langkah awal untuk kesuksesan belajar siswa, baik itu motivasi yang berasal dari diri siswa maupun dari luar diri siswa. Sehingga Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran Umum di Pesantren Ma’had Al-Alawiyah, Apa kendala yang ditemukan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa pada Mata Pelajaran Umum di Pesantren dan apa saja program yang dilakukan guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa pada Mata Pelajaran Umum. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripfit. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Serta analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa di Pesantren Ma’had Al-Alawiyah adalah membangkitkan minat belajar siswa , menggunakan metode yang menarik, memberikan pujian, memberikan penilaian langsung, dan memberikan hadiah. Setelah penelitian ini dilaksanakan, maka peneliti memperoleh hasil bahwa upaya meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa tidaklah cukup untuk mencapai keberhasilan proses belajar yang maksimal tanpa adanya motivasi dari diri siswa dan waktu yang memadai serta lingkungan yang mendukung terhadap proses untuk meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa motivasi yang dimiliki siswa lemah, disebabkan karena adanya hambatan baik itu dari segi waktu serta media pembelajaran yang kurang memadai, dan mengakibatkan siswa kewalahan dalam mempelajari mata pelajaran umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan agama Islam; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2020 03:43
Last Modified: 09 Apr 2020 01:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item