Siregar, Yasir Rahman (2019) Problematika pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Adapun judul penelitian ini adalah “Problematika Ppembelajaran Membaca Al-qur’an pada kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pinangsori” masalah dalam penelitian ini meliputi: pelaksanaan Membaca Al-Qur’an kelas VII di MTs N Pinangsori, problematika yang dihadapi siswa-siswi Kelas VII dalam pembelajaran Membaca Al-qur’an, dan solusi yang dlakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi siswa-siswi kelas VII dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampel penelitian sebanyak 4 guru BQ dari 8 guru BQ yang ada dan 33 siswa-siswi (kelas VII). Kemudian penelitian ini dilaksanakan dengan pengumpulan data wawancara dan observasi sedangkan tekhnik menjamin keabsahan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan triangulasi. Pembelajaran Membaca Al-qur’an adalah suatu proses latihan yang menghasilkan perubahan-perubahan kemampuan membaca dan menulis kata-kata, huruf atau abjad dalam Al-qur’an yang diawali dengan huruf alif sampai dengan huruf ya dan mengarahkan segala tindakan untuk mengingat-ingatnya. Pada dasarnya membaca dan menulis Al-qur’an bukan hanya sekedar latihan membaca dan menulis kata, hruf, ataupun abjad dalam Al-qur’an melainkan lebih dari itu,diharapkan mampu memahami makna yang terkandung dalam Al-qur’an, mengenai ajaran-ajaran, larangan ataupun perintah. Hasil penelitian ini telah menemukan adanya perubahan sikap dan sifat para siswa-siswi dalam pembelajaran Membaca Al-qur’an di MTs N Pinangsori sekalipun hasilnya yang dicapai belum maksimal. Hal ini sesuai dengan jawaban wawancara dengan guru-guru BQ dan siswa-siswi kelas VII MTs N Pinangsori yaitu pelaksanaan pembelajaran Membaca Al-qur’an meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan kendala-kendala yang ditemui meliputi kurangnya minay siswa-siswi, fasilitas yang masih minim dan alokasi waktu yang kurang, solusi yang dilakukan adalah dengan memberi motivasi, memanfaatkan fasilitas yang ada dan mengefisienkan waktu yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 04:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 04:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2171 |
Actions (login required)
View Item |