Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penarapan strategi everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak materi perilaku terpuji dikelas X MIA-6 (matematik ilmu alamiah) Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan

Harahap, Nurkhotina Sari (2016) Penarapan strategi everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak materi perilaku terpuji dikelas X MIA-6 (matematik ilmu alamiah) Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Perilaku Terpuji Dikelas X Mia-6 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan populasi sebanyak 9 kelas dengan jumlah siswa 218 orang siswa, kemudian diambil sampel penelitian sebanyak satu kelas yaitu kelas X MIA-6 (Matematik Ilmu Alamiah) dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui strategi everyone is a teacher here. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflectoin). Penelitian ini merupakan penelitian dalam pendidikan yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MIA-6 (Matematik Ilmu Alamiah) MAN 2 Model Padangsidimpuan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 8.69% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu: Kategori Nilai Rata-rata Ketuntasan Klasikal Tes Awal 70.43 8.69% Tes Hasil Belajar Siklus I 86.95 52.17% Tes Hasil Belajar Siklus II 91.73 91.30%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: aqidah akhlak; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:59
Last Modified: 10 Jun 2020 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item