Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemberian metode direktif dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada aktivitas membaca Al-Qur’an di Desa Hutabargot Julu Kabupaten Mandailing Natal

Wardah, Wardah (2019) Pemberian metode direktif dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada aktivitas membaca Al-Qur’an di Desa Hutabargot Julu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 302 00139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah kurangnya kecerdasan emosional anak-anak di bidang kesadaran diri untuk mengerjakan tugas-tugas dan mengulang- ulang bacaan dari guru mengaji, kurangnya pengaturan diri untuk hadir tepat waktu, adanya rasa khawatir dan cemas yang berlebihan ketika mendapatkan kesulitan dalam memahami ilmu yang diajarkan guru mengaji dan kurangnya motivasi anak pada aktivitas membaca al-Qur’an di Desa Hutabargot Julu Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana keadaan emosional anak di lapangan pada aktivitas membaca al-Qur’an, bagaiman cara pelaksanaan metode direktif dalam meningkatkan kecerdasan emosionl anak pada aktivitas membaca al-Qur’an, bagaimana tingkat kecerdasan emosional anak setelah pemberian metode direktif ini pada aktivitas membaca al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tindakan. Penelitian ini menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan menguji cobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata. Penelitian ini merupakan strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dalam bentuk proses pengembangan inovatif yang dicoba sambil jalan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Penelitian tindakan bertujuan mengembangkan keterampilan- keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual (nyata) yang lain Hasil perubahan emosional anak pada aktivitas membaca al-qur’an ini dapat kita ketahui adanya perubahan yang signifikan. Dimana anak anak yang memiliki kesadaran diri untuk mengerjakan tugas-tugas sebelum pemberian metode direktif berjumlah 1 orang (7%) setelah pemberian metode direktif anak yang memilii kesadaran diri untuk mengerakan tugas berubah menjadi 9 orang (75%), anak yang memiliki pengaturan diri untuk hadir tepat waktu sebelum pemberian metode direktif berjumlah 2 orang (15%) seteah pemberian metode direktif berubah menjadi 10 orang (90%). Anak yang tidak memiliki rasa khwatir dan cemas sebelum pemberian metde direktif berjumlah 1 (7%) setelah pemberian metode direktif berubah menjadi 10 orang (83%). Dan anak-anak yang memiliki motivasi yang kuat sebelum pemberian metode direktif berjumlah 0 orang (0%) berubah menjadi 10 orang (76%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode direktif; Kecerdasan emosional anak; Membaca Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:45
Last Modified: 10 Jun 2020 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item