Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan opend-ended terhadap penalaran siswa pada pokok bahasan pecahan dikelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara

Permatasari, Depi (2016) Pengaruh pendekatan opend-ended terhadap penalaran siswa pada pokok bahasan pecahan dikelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penalaran siswa yang masih kurang di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap penalaran siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pendekatan open-ended terhadap penalaran siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen one group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Dan untuk sampelnya yaitu kelas III-C yang mengunakan teknik non probability sampling dengan pemilihan sampel secara purposive sampling yang terdiri dari 31 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes. Yakni yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, rata-rata hasil pretest adalah 42,95 dan rata-rata hasil postest adalah 71,5 yang menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen pretest dan postesst dimana rata-rata posttest lebih baik dari rata-rata pretest. Begitu juga dengan hasil tes “t” diperoleh thitung > ttabel = 25,62 > 2,042 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan open-ended terhadap penalaran siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan open-ended; penalaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:44
Last Modified: 10 Jun 2020 03:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item