Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh kualitas pelayanan pengiriman surat terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan

Suriani, Nelly (2017) Analisis pengaruh kualitas pelayanan pengiriman surat terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini mengenai bisnis jasa pengiriman surat yang usahanya bergerak di bidang jasa. Dalam penelitian ini yang dibahas tentang kualitas pelayanan dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan suatu perusahaan dan kemajuan untuk bertahan hidup di dalam persaingan globalisasi. Akan tetapi masih banyak pelanggan yang mengajukan komplain terhadap customer service yang ada di PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan, karena kurangnya kepuasan yang didapatkan pelanggan ketika terjadi pengiriman salah salur, keterlambatan pengiriman. Akan tetapi customer service yang berada pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan selalu melayani pelanggan dengan baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan ialah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinganan pelanggan., sedangkan kepuasan pelanggan ialah tanggapan pemenuhan konsumen yaitu suatu pertimbangan bahwa fitur barang atau jasa memberikan suatu tingkat pemenuhan terkait konsumsi yang menyenangkan, jadi konsumen akan merasakan kepuasan apabila barang atau jasa yang dikonsumsi tersebut dapat memenuhi kesenangan pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan didukung oleh uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, serta uji linearitas, dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan sampel 91 pelanggan dari 955 populasi (data per Januari-Desember 2016). Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsialkualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung> ttabel, sehingga (11,175 > 1,987). Nilai R2 sebesar 0,584 hal ini menunjukkan bahwa variasi variabel independent kualitas pelayanan dapat menjelaskan variabel dependent kepuasan pelanggan sebesar 58,4%. Sedangkan sisanya 41,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:53
Last Modified: 10 Jun 2020 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item