Nst, Meliana Desmawati (2016) Persepsi siswa kepada guru matematika dan pengaruhnya terhadap minat belajar matematika siswa di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0069.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Padangsidimpuan berdasarkan adanya perbedaan persepsi siswa kepada guru matematika yang berakibatkan kepada minat belajar matematika siswa di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kepada guru matematika, untuk mengetahui minat belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa kepada guru matematika dengan minat belajar matematika siswa di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 50 siswa yang diambil dari populasi 195 siswa. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus product moment dan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar variabel X (persepsi siswa kepada guru matematika) terhadap variabel Y (minat belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan). Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji F, dengan hasil uji F = 317,713. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 317,713 > 4,04. Dan hasil koefisien korelasi yang diperoleh 0,932, dengan hubungan antara kedua variabel “sangat kuat”, yang diuji kesignifikanannya dengan menggunakan uji t yang menghasilkan t sebesar 17,825. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 17,825 > 1,678. Nilai r2 sebesar 0,869, menunjukkan bahwa 86,9% variabel X mempunyai kontribusi atau mempengaruhi variabel Y. Sebanyak 13,1% perubahan variabel Y ditentukan oleh faktor-faktor lain. Setiap tingkat variabel X mengakibatkan kenaikan variabel Y sebesar 0,860. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi Ŷ = 9,5 + 0,860X. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh signifikan persepsi siswa kepada guru matematika dengan minat belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan dapat dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | persepsi; minat; pengaruh; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 02:52 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 02:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2142 |
Actions (login required)
View Item |