Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan inteligensi dan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padangsidimpuan

Nasution, Julia Rahma (2016) Pengaruh kecerdasan inteligensi dan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu fenomena bahwa adanya kesenjangan antara kecerdasan inteligensi dan sikap belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan inteligensi terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan inteligensi dan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas diperlukan penelusuran lebih lanjut mengenai kecerdasan inteligensi dan sikap siswa di dalam pembelajaran matematika. Bertolak dari teori bahwa dengan kecerdasan inteligensi memudahkan anak dalam proses pembelajaran. Begitu juga dengan sikap belajar, sikap belajar yang semakin positif akan menunjang hasil belajar anak, karena dengan sikap yang positif akan memunculkan hal-hal positif, seperti menyukai pelajaran matematika, memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, bahkan akan mencintai matematika, serta tidak akan membolos pada pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Jumlah populasi dalam penlitian ini adalah sebanyak 397 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive sampling, dengan demikian sampel penelitian sebanyak 80 siswa. untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala Likert. dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi (product momen dan rank spearman), regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasakan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan inteligensi (X1) terhadap hasil belajar. di mana hasil perhitungan korelasi product moment dihasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,4777, sementara nilai rtabel sebesar 0,220. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung rtabel. Sedangkan untuk signifikanya dilakukan perhitungan uji t diperoleh sebesar = 4,4876 = 1,991. Dan untuk persamaan regresi diperoleh Y = 58,587 + 0,275X1. Persamaan regresi Y atas X1 tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X1 akan mengakibatkan 0,275 unit kenaikan Y. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh X1 terhadap Y. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa. Di mana hasil perhitungan korelasi rank spearman dihasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,343, sementara nilai rtabel sebesar 0,220. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung rtabel. Sedangkan untuk signifikanya dilakukan perhitungan uji t diperoleh sebesar = 3,243 = 1,991. Dan untuk persamaan regresi diperoleh Y = 78,100 + 0,108X2. Persamaan regresi Y atas X2 tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X2 akan mengakibatkan 0,0,108 unit kenaikan Y. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh X2 terhadap Y. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan inteligensi (X1) dan sikap belajar siswa (X2) secara bersama-sama ii terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padangsidimpuan. Di mana hasil perhitungan korelasi ganda dihasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,643, sementara nilai rtabel sebesar 0,220. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung rtabel. Sedangkan untuk signifikanya dilakukan perhitungan uji F diperoleh sebesar = 27,089 Ftabel 3,11. Dan untuk persamaan regresi diperoleh Persamann regresi Y atas X1 dan X2 tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X1 akan mengakibatkan 0,285 unit kenaikan Y, kenaikan satu unit X2 akan mengakibatkan 0,224 unit kenaikan Y. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kecerdasan inteligensi; sikap belajar; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Jun 2020 01:35
Last Modified: 10 Jun 2020 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item