Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa bebelanja online di kalangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Ramadhani, Indah (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa bebelanja online di kalangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
132300104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna internet dimasyarakat luas, tidak terkecuali dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang ditandai dengan meningkatnya minat mahasiswa berbelanja via online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat beli, harga, promosi, kualitas produk dan jual beli online. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel secara acak berstarata (statified rendom sampling), dengan jumlah populasi 447 dan sampel 82 orang. Kemudian pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan proram SPSS versi 23. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, autokorelasi, dan analisisregresi linear berganda, dengan uji simultan(f) dan uji parsial(t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabelyaitu sebesar 2,085 > 1,664, sedangkan untuk harga dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat beli yang dibuktikan thitung>ttabel,untuk promosi sebesar 3,652 > 1,664 dan untuk kualitas produk sebesar 2,543 > 1,664. Sedangkan secara simultan variabel harga, promosi dan kualitas produk samasama berpengaruh terhadap minat beli, dibuktikan dengan hasil perhitungan yaitu sebesar 86,667 > 2,16 yang artinya secara simultan harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, promosi dan kualitas produk memberi kontribusi sebesar 77,2% terhadap variabel minat berbelanja online, selain itu sisanya22,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari penelitian ini di peroleh kesimpulah bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat mahasiswa berbelanja online Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Windari, S.E.,MA
Keywords: Harga; Promosi; Kualitas Produk dan Minat Beli
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:20
Last Modified: 13 Sep 2021 04:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item