Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua Kota Padangsidimpuan

Yusnaida, Yusnaida (2016) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0229.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri 200306 Batunadua Kota Padangsidimpuan”. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah, bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua, apa saja kendala yang ditemui guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua, bagaimana faktor penghambat dan pendukung yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua, kendala yang ditemui guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 batunadua, faktor penghambat dan pendukung yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua. Untuk mengetahui hasil penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan analisa kualitatif dengan menggunakan riset lapangan dan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti berkesimpulan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 200306 Batunadua sudah baik, karena guru sering memotivasi murid untuk belajar baik dari segi: memberikan penilaian, pemberian hadiah, pemberian tugas, memberi ulangan, memberitahu hasil, pemberian ganjaran/pujian, pemberian hukuman, menjelaskan pentingnya bahan pelajaran tersebut, variasi penggunaan media, menarik minat dan perhatian murid, mempunyai keterampilan dalam menjelaskan pelajaran serta memberi nasehat. Kendala yang dihadapi dalam memotivasi murid untuk belajar dari kondisi ekonomi keluarga, dari segi kecerdasan, terjangkaunya alat-alat belajar di sekolah yang dibutuhkan oleh guru untuk memperjelas bahan pelajaran kepada murid, dan masih banyak murid yang tidak mementingkan pelajaran karena mereka menganggap sekolah itu hanya formalitas saja. Dalam hal mengulang pelajaran murid yang tidak mengulang pelajaran di sekolah disebabkan rasa malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Misran Simanungkalit, M.Pd. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd.
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 09 Jun 2020 08:56
Last Modified: 09 Jul 2020 04:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item