Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum berbasis sains pada MAS Unggulan Darul Mursyid Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara

Siregar, Ali Ibrahim (2017) Implementasi kurikulum berbasis sains pada MAS Unggulan Darul Mursyid Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100093.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam formal lahir sebagai jawaban atas demands masyarakat akan Lembaga Pendidikan yang dapat mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama. Madrasah juga dianggap sebagai bentuk lain dari lembaga pendidikan umum berciri khas Islam yang memposisikan diri sebagai pendidikan umum berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1). Konsep Pengembangan, 2). Implementasi, 3). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kurikulum Berbasis Sains pada MAS Unggulan Darul Mursyid Desa Sidapdap Simanosor Kec. Saipar Dolok Hole Kab. Tapanuli Selatan-Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan keikutsertaan peneliti dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pengembagnan Kurikulum Berbasis Sains di MAS Unggulan Darul Mursyid masih dalam tatanan “Islamisasi Sains” yakni menghubungkan ayat-ayat kauniyah Al-qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan dengan materi ajar sains, 2) Pengembangan dilakukan berdasarkan landasan-landasan atau dasar-dasar pengembangan kurikulum yaitu; landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosial budaya, dan landasan perkembangan ilmu dan teknologi, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yaitu, relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis/efisiensi, dan efektivitas. 3) Implementasi kurikulumnya mengharuskan perubahan pada goals dan objectives yakni tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek, mengharuskan guru untuk kreatif dan inovatif dalam menyiapkan peserta didik yang siap dan unggul pada jenjang pendidikan berikutnya sebagai pribadi yang intelektual muslim sekaligus pribadi yang muslim intelektual, 3) faktor pendukung implementasi Kurikulum Berbasis Sains di MAS Unggulan Darul Mursyid yakni; fasilitas yang memadai, lingkungan dan sumber belajar yang kondusif, intensitas bimbingan dan pelatihan bidang sains yang tinggi, keaktifan dalam mengikuti kegiatan olimpiade sains, dukungan pihak madrasah dan pesantren, adapun sebagai faktor penghambat yakni; SDM tenaga pendidik bidang studi sains di bidang agama yang belum merata, materi pembelajaran yang cukup luas, minimnya sumber referensi materi ajar, pemanfaatan sarana teknologi yang terbatas dan keterbatasan waktu bagi peserta didik dengan banyaknya tuntutan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Kurikulum berbasis sains
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 09 Jun 2020 08:52
Last Modified: 09 Jun 2020 08:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item