Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembiasaan salat duha dan sikap keberagamaan guru terhadap kecerdasan spiritual siswa di MTs Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan

Nasution, Syafri Martabe Rizka (2018) Pengaruh pembiasaan salat duha dan sikap keberagamaan guru terhadap kecerdasan spiritual siswa di MTs Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan spiritual siswa. Secara teori salah satu perkembangan kecerdasan spiritual seseorang dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar diri. Begitupun perkembangan kecerdasan spiritual yang diharapkan oleh para guru di MTs Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan. Rumusan masalah: 1) Apakah terdapat pengaruh〖 X〗^1 terhadap Y ?. 2) Apakah terdapat pengaruh 〖 X〗^2 terhadap Y ?. 3) Apakah terdapat pengaruh 〖 X〗^1 dan 〖 X〗^2 terhadap Y ?. 4) Apakah terdapat perbedaan kecerdasan spiritual siswa berdasarkan pembiasaan salat duha ?. 5) Apakah terdapat perbedaan kecerdasan spiritual siswa berdasarkan sikap keberagamaan guru ?. Tujuan penelitian, sesuai dengan rumusan masalah yang ada yaitu untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel tersebut. Adapun pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa sebanyak 218 siswa Tahun Ajaran 2018/2019 dengan teknik sampling Cluster Random Sampling diperoleh sampel 80 siswa. Teknik analisis menggunakan korelasi pearson, regresi, uji-t dan uji F signifikansi dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian: 1). Hasil perhitungan korelasi pearson menunjukkan bahwa F hitung = 19,373 sedangkan F tabel df (n1) = k-1, df (n2) = n-k yaitu F tabel 3,12. Jika F_0 (19,373)> F_t (3,12), maka H_0 ditolak atau H_a diterima. Hasil perhitungan Regresi menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4,401 > t tabel 0,374, maka H_(0 )ditolak H_(a ) diterima. 2) Hasil perhitungan korelasi pearson menunjukkan bahwa F hitung = 6,377 > F tabel 3,12. Jika F_0 (6,377)> F_t (3,12), maka H_0 ditolak atau H_a diterima. 3) Hasil perhitungan korelasi ganda menunjukkan bahwa nilai sig untuk pembiasaan salat duha adalah sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung = 4,091 > t tabel 0,374, Selanjutnya untuk variabel sikap keberagamaan guru menunjukkan nilai sig. sebesar 0,043 < 0,05 dengan t hitung = 2,056 > t tabel 0,374, maka H_0 ditolak atau H_a diterima 4) t hitung 57,746 dan t tabel 0,374 dengan demikian t hitung > t tabel. Selanjutnya signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak atau H_a diterima. 5) t hitung 118,917 dan t tabel 0,374 dengan demikian t hitung > t tabel. Selanjutnya signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka H_0 ditolak atau H_a diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pembiasaan salat duha; Sikap keberagaman guru; Kecerdasan spiritual siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 09 Jun 2020 08:02
Last Modified: 09 Jun 2020 08:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item