Siregar, Ummi Erwina (2018) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai moral siswa di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang tidak memiliki moral. Hal ini terbukti pelanggaran moral siswa ditunjukkan dengan kurangnya rasa hormat terhadap guru, memberikan julukan yang tidak bagus terhadap guru, suka membicarakan kekurangan guru, mengejek sesama siswa, mengucapkan kata-kata kotor, meroko, bolos pada jam pelajaran, membuang sampa sembarangan, dan merusak pasilitas sekolah. Melihat pelanggaran moral yang dilakukan siswa tersebut maka diperlukan guru, terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai moral dalam diri siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam menanamkan nilai-nilai moral siswa di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara, (2) Apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moral siswa di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Informan dalam penelitian ini adalah (guru pendidikan Agama Islam dan siswa) di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang tidak menguji hipotesis tertentu tetapi menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau peristiwa. Hasil penelitian menemukan bahwa moral siswa di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara, masih belum memadai meskipun guru Pendidikan Agama Islam sudah menanamkan nilai-nilai moral yaitu, (1) Menanamkan sifat jujur, cinta damai, percaya diri, hormat dan santun, penanaman disiplin, keadilan dan kasih sayang. Kemudian membiasakan nilai-nilai religius di sekolah. Akan tetapi, penananman nilai-nilai moral tersebut belum berhasil dikarenakan kurangnya kesadaran siswa. (2) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam antara lain: masalah siswa, sulit mengontrol siswa, guru Pendidikan Agama Islam tidak bisa di jadikan teladan, dan yang terahir kurangnya waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Asfiati, M.Pd dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | moral; Hormat Terhadap Guru |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 03 Apr 2020 13:15 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/196 |
Actions (login required)
View Item |