Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran baca tulis al-qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara.

Harahap, Peprina (2017) Metode pembelajaran baca tulis al-qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Siswa/i di kelas V masih kurang mampu dalam baca tulis Al-Qur’an disebabkan karena guru pendidikan agama Islam masih kurang memahami tentang penggunaan metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada saat pembelajaran guru pendidikan agama Islam hanya menggunakan metode , Iqra’ dan imlak. Hal ini membuat siswa menjadi kurang bersemangat dan merasa bosan dalam pembelajaran. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1)Bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara.(2)Apa metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara.(3)Apa upaya guru pendidikan agama Islam di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara dan mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan logika deskriptif dengan mengambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai apa adanya. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di kelas V SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Padang Lawas Utara. Metode pengumpulan data yang di gunakan dengan analisis deskriftip kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran baca tulis Al- Qur’an yang di terapkan guru pendidikan agama Islam di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara dengan menyuruh siswa/i maju kedepan untuk memperaktekkannya dengan hasil yang di dapati siswa/i masih kurang mampu dalam baca tulis Al-Qur’an (2) metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Pagaran Batu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara masih kurangnya guru pendidikan agama Islam dalam memahami metode Iqra dan Imlak.(3) upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dengan memberi pertanyaan kapada siswa/i membuat kelompok siswa/i

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Ali Anas Nasution, M.A dan Dr. Hamdan Hasibuan,S.Pd.I., M.Pd
Keywords: baca tulis al-qur'an; guru pai; pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Apr 2020 09:53
Last Modified: 21 Sep 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item