Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPS Muhammadiyah Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Nora Rahmadani (2018) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPS Muhammadiyah Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan dalam mengimplementasikan pembelajaran tidak seperti yang diharapkan. Karena dalam pembelajaran, guru belum membuat perencanaan pembelajaran yang semestinya, misalnya guru tidak mengusai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga berdampak kepada aktivitas pembelajaran. Kemudian dalam proses pembelajaran guru tidak membuat metode dan media yang bervariasi sehingga peserta didik merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menilai peserta didik di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data penelitian inidapatdiperolehdari data primer dan data sekunder. Data primernya adalah guru Pendidikan Agama Islam, dan data sekundernya adalah Kepala Sekolah dan peserta didik. Teknik pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pembelajaran guru Pendidikan Agama di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan dalam merencanakan pemebelajaran sudah maksimal, hal ini dapat dilihat dari kelengkapan perangkat pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam, walaupun masih ada kejanggalan, yaitu Rencana Pelaksanana Pembelajaran yang dijadikan sebagai pedoman pembelajaran diambil dan disalin dari RPP yang telah ada. Dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dan media yag digunakan mengandalkan fasilitas sekolah seadanya. Dalam menilai peserta didik, guru Pendidikan Agama Islam menilai sesuai dengan materi pelajaran, yang bertolak ukur kepada indikator pencapaian kompetensi. Untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik terhadap materi pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam mengadakan tes lisan dan tes tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan agama Islam; rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2020 04:09
Last Modified: 09 Apr 2020 00:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item