Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan bangun ruang di SMP Negeri 1 Angkola Selatan

Erlina, Erlina (2018) Pengembangan learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan bangun ruang di SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14.202 00006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpahaman siswa terhadap konsep bangun ruang, khususnya materi kubus dan balok. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep bangun ruang. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan bangun ruang di SMP Negeri 1 Angkola Selatan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan praktikalitas learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan bangun ruang di SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar mengajar matematika. Dalam hal ini learning trajectory yang dikembangkan mengacu pada 7 komponen utama pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Sehingga didapatkan learning trajectory yang valid dan praktis digunakan untuk siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Selatan dengan subjek ujicoba produk di kelas VIII1 berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, lembar observasi dan pedoman wawancara serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual dikatakan valid dan praktis. Kevalidan learning trajectory ditunjukkan dengan nilai 83 dari analisis 4 validator. Kepraktisan learning trajectory ditunjukkan dengan nilai 85 dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen. pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran, dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi bangun ruang (kubus dan balok) melalui aktivitas membungkus kado.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Learning Trajectory; Pendekatan Kontekstual; Bangun Ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:50
Last Modified: 04 Dec 2019 04:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item