Harahap, Siti Rahma (2016) Konsep pendidikan Tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana urgensi pendidikan tauhid dikeluarga dalam perspektif pendidikan Islam?, dan bagaimana konsep pendidikan tauhid dikeluarga dalam perspektif Islam?. Penelitian ini meliputi tentang dasar dan tujuan pendidikan tauhid dalam keluarga, fungsi, materi dan metodenya, konsep ini bertujuan sebagai informasi bagi orang tua dalam keluarga bagaimana memberikan pendidikan tauhid dan materi yang disampaikan kepada anak-anak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Dalam melakukan kajian mengenai pendidikan tauhid, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah buku-buku yang berkaitan dengan konsep pendidikan tauhid dalam keluarga. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber yang lain baik ia majalah, koran, buku-buku yang berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, cacatan, maupun hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode deduktif, yaitu tehnik berfikir yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum, dan bertitik tolak pada pengetahuan umum itu kita hendak menilai sesuatu kejadian yang sifatnya khusus.Kajian ini menunjukkan bahwa dalam konsep pendidikan tauhid dalam keluarga terdapat beberapa metode yaitu : Kalimat tauhid, Keteladanan, Pembiasaan, Nasehat dan Pengawasan. Sedangkan materi pendidikan tauhid dalam keluarga terbagi menjadi empat yaitu: Ilahiyat yaitu pembahasan segala yang berhubungan dengan Ilah (Tuhan) seperti wujud, nama-nama sifat, dan af’al Allah. Nubuwat, yakni pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rasul, juga termasuk pembahasan tentang kitab-kitab Allah, mu’jizat dan lain sebagainya. Ruhaniyat yaitu pembahasan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik seperti Malaikat, Jin, Iblis dan Syaitan, dan Sam’iyyat, yaitu pembahasan segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat sam’i (dalil naqli berupa Al-Qur’an dan Sunnah) seperti alam barzah, akhirat, azab kubur, surga dan neraka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan Islam; tauhid |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 14:37 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 14:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1887 |
Actions (login required)
View Item |