Nasution, Rahma Wati (2016) Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan nilai pekerjaan rumah (PR) matematika siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Orang tua berperan serta dalam memberikan pengajaran kepada anaknya, karena proses pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah. Tangggungjawab dalam bidang pendidikan anak juga tidak seluruhnya menjadi tanggungjawab guru dalam lingkungan sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab orang tua saat berada di lingkungan keluarga terutama dalam belajar di rumah, seperti memotivasi, membimbing dan membantu anaknya dalam menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) matematika yang diberikan gurunya. Tinggi rendahnya pendidikan orang tua mempengaruhi nilai Pekerjaan Rumah (PR) matematika anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang tingkat pendidikan orang tua dengan nilai Pekerjaan Rumah (PR) matematika siswa kelas V SD Negeri 10615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola. Dengan demikian peneliti mengadakan penelitian di kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan nilai Pekerjaan Rumah (PR) matematika siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola. Metode penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang diteliti yang berjumlah 34 orang siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola. Metode pengumpulan data digunakan untuk variabel X adalah dokumentasi dan angket sedangkan untuk variabel Y adalah dengan mengambil nilai PR matematika siswa. Teknik analisis data digunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tingkat pendidikan orang tua (X) dengan nilai Pekerjaan Rumah (PR) matematika (Y) siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola. Hal ini ditunjukkan bahwa dengan nilai = 0,579 yang mana nilai tersebut lebih besar dari nilai =0,339, > (0,579>0,399). Selanjutnya perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh sebesar 5,658 dan dibandingkan dengan nilai tabel sebesar 1,684 (dk= n-2=, 34-2=32), karena (5,658>1,684), maka hipotesis diterima. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan nilai Pekerjaan Rumah (PR) matematika siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang Kecamatan Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tingkat pendidikan orang tua; nilai pekerjaan rumah (PR) matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 02:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 02:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1875 |
Actions (login required)
View Item |