Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Daulay, Lila Mariana (2017) Motivasi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah peneliti melihat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan siswa kelas VII-1 kurang termotivasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013. Hal tersebut terlihat dari ketidak seriusan siswa-siswi kelas VII-1, dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah penelitian ini ialah: bagaimana motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran akidah Akhlak Kurikulum 2013 dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian secara teoritis bagi peneliti untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan penelitian, secara praktis berguna bagi Kepala Sekolah, Guru, dan siswa-siswi sebagai masukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kurikulum 2013. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan motivasi siswa meliputi pengertian motivasi, bentuk-bentuk motivasi, tujuan motivasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan logika deskriptif yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya. Informan dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak yang masuk di kelas VII-1 dan siswa/i kelas VII-1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan motivasi siswa kelas VII-1 dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan masih kurang bagus, di mana terlihat ketidak seriusan siswa-siswi dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang antusias dalam belajar, lebih suka berbicara pada teman sebangku saat belajar dan guru yang jarang memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mau mendengarkan pelajaran. Faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah akhlak Kurikulum 2013 adalah faktor internal yaitu: keinginan siswa untuk berprestasi, keinginan beraviliasi, keingian berkompetensi, dan keinginan siswa untuk berkekuasaan dan faktor eksternal yaitu: faktor keluarga, lingkungan, dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan agama Islam; akidah akhlak; kurikulum 2013
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2020 03:28
Last Modified: 09 Apr 2020 00:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item