Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Ridhwaniyah Padangsidimpuan

Nurhidayah, Nurhidayah (2016) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Untuk menjalankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan al-Qur’an, di sekolah terjadi proses belajar mengajar yang dijalankan oleh para siswa dan guru. Guru dengan salah satu tugas utamanya adalah mendidik dan membimbing peserta didik untuk belajar serta mengembangkan potensi dirinya. Dalam proses belajar mengajar guru harus mengupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa membaca alQur’an. Dalam memahami dan menghayati isi kandungan al- Qur’an dibutuhkan kepandaian siswa dalam membaca al-Qur’an, karena kepandaian siswa membaca al- Qur’an menjadi salah satu syarat penting yang harus dikuasai dalam mengkaji dan memahami materi ayat- ayat al- Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar- Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif sehingga penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan menggambarkan serta menginterpretasi objek sesuai dengan fakta di lapangan kemudian menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Sebagai responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang belajar di Taman Pendidikan al-Qur’an ar- Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al- Qur’an adalah dengan menggunakan pendidikan keteladanan, pembentukan kelas umum setiap hari Sabtu, mengadakan kompetisi sehat diantara siswa, membuka kelas khusus tahfiz al-Qur’an, menempatkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dasar siswa, menjalin komunikasi yang baik antar sesama guru, serta penggunaan metode yang sesuai dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an adalah les tambahan siswa yang dilaksanakan diluar jam sekolah, kehadiran siswa ke sekolah tidak mandiri, tempat/ ruang belajar yang kurang memadai sehingga jumlah siswa yang masuk harus dibatasi, dan perbedaan kecepatan siswa dalam memahami pelajaran sehingga guru harus lebih memperhatikannya dibanding siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat; Belajar Membaca Al-Qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 02 Jun 2020 10:32
Last Modified: 03 Jun 2020 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item