Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pendidikan Islam pada anak usia dini di TK Al-Qur'an AL-MUTA ALLIMIN Desa Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Nur Jamilah (2016) Pola pendidikan Islam pada anak usia dini di TK Al-Qur'an AL-MUTA ALLIMIN Desa Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini akan menjelaskan bagaimana pola pendidikan Islam pada anak usia dini di Tk Al-Qur’an Al-Muta’allimin Desa Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola KabupatenTapanuli Selatan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimakah pola pendidikan Islam terhadap anak usia dini, apa kendala yang dihadapi guru dalam menenanamkan pendidikan Islam terhadap anak usia dini, apa kendala yang dihadapi murid, dan apa kendala yang dihadapiYayasan pemilik Paud, serta apa solusi yang harus di lakukan agar pendidikan Islam tertanam pada anak usia dini. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pola pendidikan Islam pada anak usia dinidi TK Al-Qur’an Al-muta’allimin, untuk Menegetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan pendidikan Islam pada anak usia dini, untuk mengetahui kendala yang dihadapi murid, untuk mengetahui kendala yang dihadapi yayasan pemilik paud, untuk mengetahui solusi yang dilakukan agar pendidikan Islam tertanam pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitan inia dalah observasi dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian maka hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah(a) Pola pendidikan Islam terhadap anak usia dini di TK Al-Qur’anAl-muta’allimin adalah guru memilih metode pembelajaran yang tepat dan benar bagiana kusia diniya itu dengan menerapkan metode keteladanan, metode latihan dan lain sebagainya. (b) Kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan pendidikan Islam terhadap anak usia dini adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, dan guru kurang memahami pisikologis siswa. (c) Kendala yang dihadapi murid/anak-anak dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah kurangnya minat belajar siswa/anak-anak, siswa kurang memahami metode yang diterapkan guru pada saat proses pembelajaran. (d) Kendala yang dihadapi Pimpinan Yayasan adalah kurangnya kerjasama antar orangtua dan pihak guru, dan kurangnya Dana dalam Pembangunan Sekolah Tk Al-Qur’an Al- Muta’allimin. (e) Solusi yang harus dilakukan adalah meningkatkan minat belajar anak-anak dan menggunakan metode yang relevan dengan materi yang diajarkan serta metode yang mudah dipahami oleh anak-anak dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan Islam; anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 02 Jun 2020 08:22
Last Modified: 02 Jun 2020 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1858

Actions (login required)

View Item View Item