Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMPN 2 Kuala Simpang

Harahap, Imson (2016) Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMPN 2 Kuala Simpang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar mengajar dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah yang ditandai dengan terdapatnya beberapa siswa yang memilki nilai yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah tersebut. Berdasarkan latar belakang maslah diatas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMPN 2 Kuala Simpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain Kelompok Non Ekuivalen (Untreated Control Group Design with Pretest and Postest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Kuala Simpang yang berjumlah 98 orang. Sampel diambil dari populasi dengan acuan pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan kelompok/kelas bukan berdasarkan individu, yaitu kelas VIIIC yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi kuadrat, uji kesamaan variansi, dan uji-t. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan hasil perhitungan Uji-t yang dilakukan menunjukkan bahwa . Maka h0 ditolak dan sebaliknya ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang ditetapkan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel dalam pembelajaran Matematika kelas VIII di SMPN 2 Kuala Simpang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Metode Resitasi; Hasil Belajar Matematika; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Apr 2020 01:22
Last Modified: 13 Jul 2020 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item